Slider[Style1]

Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Bina Insan (BISA) merupakan lembaga yang fokus pada pelayanan sosial anak berbasis keluarga islami yang profesional, tepat sasaran dan amanah


Style5

 Al-Quran adalah kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT. melalui malaikat Jibril yang diturunkan kepada Nabi Muhamad Saw. Kitab ini wajib dibaca dan di amalkan, karena selain bacaan, kitab alquran juga merupakan pedoman hidup manusia yang paling baik.


Lanjut ke topik, kali ini admin ingin membahas tentang "Cara Menghafal Al-Quran Yang Efektif dan Supaya Cepat Hafal". Kita tau yang namanya menghafal itu sulit, tetapi bisa gampang dan cepat hafal  jika dilakukan secara tepat,

berikut ini Cara Menghafal Al-Quran Yang Efektif dan Supaya Cepat Hafal versi Blog Terpopuler:

Metode yang saya jelaskan disini yaitu dengan cara mengkombinasikan tiga metode sederhana yaitu:

    - Metode One Day One Ayat, yaitu, satu hari menghafal satu ayat alquran.
    - Metode Menghafal melalui audio, yaitu menghafal menggunakan bantuan audio rekaman bacaan al-quran yang diulang-ulang secara terus-menerus sampai kita hafal ayat tersebut
    - Metode membaca dan memahami bacaan, yaitu menghafal dengan cara membaca Al-Quran dengan benar secara berulang ulang dan memahami bacaanya.

Dari ketiga Metode diatas kita bisa mengkombinasikanya yaitu dengan membacanya berulang ulang sambil mengikuti dan mendengarkan audio yang juga diputar berulang-ulang dan minimal satu hari menghafal alquran sebanyaknsatu ayat, tetapi cara tersebut harus dilakukan secara rutin setiap hari.

Mengerti?
Jika belum mengerti, ini dia penjelasan lengkap dan langkah-langkahnya:

    - Pertama, kita harus menyiapkan audio rekaman bacaan Al-Quran (murottal) yang telah dibagi per ayat, dan menyiapkan kitab alquran untuk dibaca ketika menghafal.
    - Alangkah baiknya sebelum kita menghafal kita harus membaca istigfar karena jika kita mempunyai dosa maka dosa tersebut akan membuat kita susah menghafalnya.
    - Lalu dengarkanlah audio tersebut berulang-ulang sambil membacanya berulang-ulang pula mengikuti audio tersebut sampai kita menghafal ayat tersebut, dan jika sudah hafal lanjutkan ke ayat selanjutnya.
    - Lakukan cara tersebut di tempat yang tenang dan sejuk, dan badan kita hatus segar bugar juga ceria jika perlu sebelumnya kita mandi dulu karena kebugaran badan mempengeruhi cepat/lambatnya proses penghafalan tersebut
    - Hafallah ayat alquran setidaknya satu hari satu ayat, hal tersebut akan mempermudah kita untuk menghafalnya.
    - Setelah kita mempunyai hafalan kita harus mengulang hafalan tersebut ketika menghafal yang selanjutnya, karena dalam menghafal Al-Quran yang paling susah itu bukan menghafalnya tetapi memeliharanya.
    - Lakukan hal tersebur secara rurin setiap hari.

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top