Slider[Style1]

Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Bina Insan (BISA) merupakan lembaga yang fokus pada pelayanan sosial anak berbasis keluarga islami yang profesional, tepat sasaran dan amanah


Style5

Bina Insan Sahabat Al Qur'an  -  Dalam segala hal itu perlu persiapan, termasuk sebelum menghafal Alqur'an. nah dalam
 Postingan kali ini kita akan membahas tips persiapan sebelum menghafal Alqur'an, dan ini sangat diperlukan bagi kita yang ingin menghafal Al-Qur'an. supaya nantinya kita bisa menjadi penghafal yang baik,dan benar. ayo kita langsung saja,apa saja persiapannya?

1. Mencari sahabat

Mencari sahabat untuk sama sama menghafal Alqur'an, minimal 1 atau dua, syukur syukur lebih.
bersama sahabat kita bisa membuat jadwal bersama, dengan mereka insya Allah kita bisa lebih disiplin untuk menghafal,dengan adanya sahabat ketika kita muroja'ah dan terjadi kesalahan dalam kalimat,huruf dan tajwidnya maka sahabat akan menyimak dan mengoreksi apakah bacaan kita benar atau salah. disamping itu kita akan lebih semangat menghafal jika ada teman.

2. Hindari Musuh terbesar

Alqur'an adalah kitab suci yang harus dijaga dengan baik,dan karena Alqur'an Adalah kitab suci, maka akan lebih mudah singgah terhadap orang yang yang berhati suci dan bersih.

ketika seorang berusaha keras menghafal Alqur'an namun ia salalu berbuat kotor dan ma'syiat maka sama saja dengan mengisi air kedalam ember yang bocor, semakin diisi maka tetap saja tidak akan penuh dan terisi. jadi persiapkan diri kita jika kita ingin menghafal Alqur'an, supaya Alqur'an yang sudah dihafal tidak cepat hilang, dan ini adalah musuh terbesar seorang yang hafal alqur'an.
di antara musuh yang lainnya adalah malas, malas muroja'ah dan malas membaca Al-Qur'an ini juga termasuk musuh yang sangat luar biasa dalam upaya menghafal Alqur'an.

3. Pastikan bacaan sudah benar.

Ini penting..!!! kesalahan dalam membaca akan berkelanjutan kesalahan dalam menghafal, usaha memperbaiki kesalahan adalah dengan belajar dahulu tentang ilmu tajwid, makhorijul huruf kepada ahlinya. dan jikalau bisa kita dibimbing menghafal oleh penghafal yang sudah baik bacaannya.

4. Mempelajari kosa kata, Tafsir, dan Asbabunnuzul

Dengan mengenal kosa kata yang terkandung didalamnya,tafsir dan asbabun nuzulnya kita bisa lebih mudah menghafal dan memahami ayat alqur'an yang kita hafal.

5. Buat jadwal menghafal.

sebelum menghafal buatlah jadwal menghafal dan muroja'ah secara tertulis, lalu tempelkan di tempat yang kira kira kita bisa melihat jadwal tersebut.

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top